DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 4 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
3 Kecukupan makanan 1 0 6 34 155 94.51% 1 2.439% 40 97.56%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 0 8 32 153 93.29% 1 2.439% 40 97.56%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 8 32 153 93.29% 1 2.439% 40 97.56%
Jumlah
3 0 104 98 707 86.21% 3 1.463% 202 98.53%
100




0
75%
75%
94.51%
93.29%
93.29%
86.21%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 1 0 6 34 155 94.51% 1 2.439% 40 97.56%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 6 34 155 94.51% 1 2.439% 40 97.56%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 6 34 155 94.51% 1 2.439% 40 97.56%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 5 35 156 95.12% 1 2.439% 40 97.56%
5 Penguasaan materi 1 0 7 33 154 93.90% 1 2.439% 40 97.56%
Jumlah
5 0 30 170 775 94.51% 5 2.439% 200 97.56%
100




0
94.51%
94.51%
94.51%
95.12%
93.90%
94.51%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 10 30 152 92.68% 1 2.439% 40 97.56%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 6 13 22 139 84.75% 6 14.63% 35 85.36%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 2 7 31 150 91.46% 3 7.317% 38 92.68%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 13 26 147 89.63% 2 4.878% 39 95.12%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 41 0 0 82 50% 41 100% 0 0%
Jumlah
1 52 125 109 916 79.79% 53 18.46% 234 81.53%
100




0
92.68%
84.75%
75%
75%
91.46%
89.63%
50%
79.79%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 5 35 157 95.73% 1 2.439% 40 97.56%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 5 34 155 94.51% 2 4.878% 39 95.12%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 9 31 153 93.29% 1 2.439% 40 97.56%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 8 32 154 93.90% 1 2.439% 40 97.56%
5 Kedisiplinan 0 1 8 32 154 93.90% 1 2.439% 40 97.56%
Jumlah
0 6 35 164 773 94.26% 6 2.926% 199 97.07%
100




0
95.73%
94.51%
93.29%
93.90%
93.90%
94.26%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Layanan makanan 1 0 5 35 156 95.12% 1 2.439% 40 97.56%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 9 31 152 92.68% 1 2.439% 40 97.56%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 8 32 154 93.90% 1 2.439% 40 97.56%
5 Keramahan 1 0 5 35 156 95.12% 1 2.439% 40 97.56%
Jumlah
3 1 68 133 741 90.36% 4 1.951% 201 98.04%
100




0
75%
95.12%
92.68%
93.90%
95.12%
90.36%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 5 34 153 93.29% 2 4.878% 39 95.12%
2 Transparansi keuangan 2 1 5 33 151 92.07% 3 7.317% 38 92.68%
3 Bebas Pungli 2 1 4 34 152 92.68% 3 7.317% 38 92.68%
4 Bebas gratifikasi 2 1 5 33 151 92.07% 3 7.317% 38 92.68%
Jumlah
8 3 19 134 607 92.53% 11 6.707% 153 93.29%
100




0
93.29%
92.07%
92.68%
92.07%
92.53%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.53%
97.56%
81.53%
97.07%
98.04%
93.29%
94.34%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.34%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005