DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 5 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 8 0 8 22 120 78.94% 8 21.05% 30 78.94%
2 Perlengkapan kamar tidur 7 1 8 22 121 79.60% 8 21.05% 30 78.94%
3 Kecukupan makanan 2 0 7 29 139 91.44% 2 5.263% 36 94.73%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 1 9 27 138 90.78% 2 5.263% 36 94.73%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 0 9 27 137 90.13% 2 5.263% 36 94.73%
Jumlah
20 2 41 127 655 86.18% 22 11.57% 168 88.42%
100




0
78.94%
79.60%
91.44%
90.78%
90.13%
86.18%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 1 1 9 27 138 90.78% 2 5.263% 36 94.73%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 8 29 141 92.76% 1 2.631% 37 97.36%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 1 9 27 138 90.78% 2 5.263% 36 94.73%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 10 27 139 91.44% 1 2.631% 37 97.36%
5 Penguasaan materi 2 0 9 27 137 90.13% 2 5.263% 36 94.73%
Jumlah
6 2 45 137 693 91.18% 8 4.210% 182 95.78%
100




0
90.78%
92.76%
90.78%
91.44%
90.13%
91.18%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 1 9 27 138 90.78% 2 5.263% 36 94.73%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 1 12 24 135 88.81% 2 5.263% 36 94.73%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 0 13 23 133 87.5% 2 5.263% 36 94.73%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 2 2 11 23 131 86.18% 4 10.52% 34 89.47%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 0 11 26 138 90.78% 1 2.631% 37 97.36%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 0 9 27 137 90.13% 2 5.263% 36 94.73%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 0 11 26 138 90.78% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
10 4 76 176 950 89.28% 14 5.263% 252 94.73%
100




0
90.78%
88.81%
87.5%
86.18%
90.78%
90.13%
90.78%
89.28%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 0 8 28 138 90.78% 2 5.263% 36 94.73%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 0 8 28 138 90.78% 2 5.263% 36 94.73%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 0 11 25 135 88.81% 2 5.263% 36 94.73%
4 Kelancaran proses asessment 2 0 11 25 135 88.81% 2 5.263% 36 94.73%
5 Kedisiplinan 2 0 11 25 135 88.81% 2 5.263% 36 94.73%
Jumlah
10 0 49 131 681 89.60% 10 5.263% 180 94.73%
100




0
90.78%
90.78%
88.81%
88.81%
88.81%
89.60%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 1 10 25 134 88.15% 3 7.894% 35 92.10%
2 Layanan makanan 2 0 9 27 137 90.13% 2 5.263% 36 94.73%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 9 27 137 90.13% 2 5.263% 36 94.73%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 1 11 24 133 87.5% 3 7.894% 35 92.10%
5 Keramahan 1 0 10 27 139 91.44% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
9 2 49 130 680 89.47% 11 5.789% 179 94.21%
100




0
88.15%
90.13%
90.13%
87.5%
91.44%
89.47%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 9 27 138 90.78% 2 5.263% 36 94.73%
2 Transparansi keuangan 1 0 10 27 139 91.44% 1 2.631% 37 97.36%
3 Bebas Pungli 1 0 11 26 138 90.78% 1 2.631% 37 97.36%
4 Bebas gratifikasi 1 1 10 26 137 90.13% 2 5.263% 36 94.73%
Jumlah
4 2 40 106 552 90.78% 6 3.947% 146 96.05%
100




0
90.78%
91.44%
90.78%
90.13%
90.78%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
88.42%
95.78%
94.73%
94.73%
94.21%
96.05%
93.99%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.99%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005