DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 5 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 31 0 93 75% 0 0% 31 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 31 0 93 75% 0 0% 31 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 4 27 120 96.77% 0 0% 31 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 6 25 118 95.16% 0 0% 31 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 3 28 121 97.58% 0 0% 31 100%
Jumlah
0 0 75 80 545 87.90% 0 0% 155 100%
100




0
75%
75%
96.77%
95.16%
97.58%
87.90%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 5 26 119 95.96% 0 0% 31 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 5 25 117 94.35% 1 3.225% 30 96.77%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 3 28 121 97.58% 0 0% 31 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 5 26 119 95.96% 0 0% 31 100%
5 Penguasaan materi 0 0 6 25 118 95.16% 0 0% 31 100%
Jumlah
0 1 24 130 594 95.80% 1 0.645% 154 99.35%
100




0
95.96%
94.35%
97.58%
95.96%
95.16%
95.80%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 5 26 119 95.96% 0 0% 31 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 4 27 120 96.77% 0 0% 31 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 31 0 93 75% 0 0% 31 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 31 0 93 75% 0 0% 31 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 2 29 122 98.38% 0 0% 31 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 3 27 119 95.96% 1 3.225% 30 96.77%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 31 0 0 62 50% 31 100% 0 0%
Jumlah
0 32 76 109 728 83.87% 32 14.74% 185 85.25%
100




0
95.96%
96.77%
75%
75%
98.38%
95.96%
50%
83.87%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 1 30 123 99.19% 0 0% 31 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 1 30 123 99.19% 0 0% 31 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 2 29 122 98.38% 0 0% 31 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 2 29 122 98.38% 0 0% 31 100%
5 Kedisiplinan 0 0 4 27 120 96.77% 0 0% 31 100%
Jumlah
0 0 10 145 610 98.38% 0 0% 155 100%
100




0
99.19%
99.19%
98.38%
98.38%
96.77%
98.38%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 31 0 93 75% 0 0% 31 100%
2 Layanan makanan 0 0 1 30 123 99.19% 0 0% 31 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 2 29 122 98.38% 0 0% 31 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 2 29 122 98.38% 0 0% 31 100%
5 Keramahan 0 0 1 30 123 99.19% 0 0% 31 100%
Jumlah
0 0 37 118 583 94.03% 0 0% 155 100%
100




0
75%
99.19%
98.38%
98.38%
99.19%
94.03%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 2 28 119 95.96% 1 3.225% 30 96.77%
2 Transparansi keuangan 0 1 2 28 120 96.77% 1 3.225% 30 96.77%
3 Bebas Pungli 1 0 2 28 119 95.96% 1 3.225% 30 96.77%
4 Bebas gratifikasi 0 1 3 27 119 95.96% 1 3.225% 30 96.77%
Jumlah
2 2 9 111 477 96.16% 4 3.225% 120 96.77%
100




0
95.96%
96.77%
95.96%
95.96%
96.16%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
99.35%
85.25%
100%
100%
96.77%
96.89%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.89%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005