DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 6 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 5 4 16 25 161 80.5% 9 18% 41 82%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 4 18 24 162 81% 8 16% 42 84%
3 Kecukupan makanan 5 1 11 33 172 86% 6 12% 44 88%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 3 13 30 169 84.5% 7 14% 44 86%
5 Kelancaran penerangan Listrik 5 1 12 32 171 85.5% 6 12% 44 88%
Jumlah
23 13 70 144 835 83.5% 36 14.4% 214 85.6%
100




0
80.5%
81%
86%
84.5%
85.5%
83.5%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 8 2 11 29 161 80.5% 10 20% 40 80%
2 Penggunaan metode mengajar 10 0 10 30 160 80% 10 20% 40 80%
3 Keterampilan & berkomunikasi 9 1 9 31 162 81% 10 20% 40 80%
4 Penggunaan media pembelajaran 10 1 7 32 161 80.5% 11 22% 39 78%
5 Penguasaan materi 10 0 8 32 162 81% 10 20% 40 80%
Jumlah
47 4 45 154 806 80.6% 51 20.4% 199 79.6%
100




0
80.5%
80%
81%
80.5%
81%
80.6%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 8 4 13 25 155 77.5% 12 24% 38 76%
2 Kebersihan Toilet (WC) 9 2 12 27 157 78.5% 11 22% 39 78%
3 Kebersihan lingkungan kantor 9 2 12 27 157 78.5% 11 22% 39 78%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 7 4 11 28 160 80% 11 22% 39 78%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 9 3 7 31 160 80% 12 24% 38 76%
6 Kenyamanan ruang praktek 7 4 9 30 162 81% 11 22% 39 78%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 10 2 11 27 155 77.5% 12 24% 38 76%
Jumlah
59 21 75 195 1106 79% 80 22.85% 270 77.14%
100




0
77.5%
78.5%
78.5%
80%
80%
81%
77.5%
79%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 9 2 8 31 161 80.5% 11 22% 39 78%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 9 2 7 32 162 81% 11 22% 39 78%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 8 7 5 30 157 78.5% 15 30% 35 70%
4 Kelancaran proses asessment 9 4 9 28 156 78% 13 26% 37 74%
5 Kedisiplinan 9 3 12 26 155 77.5% 12 24% 38 76%
Jumlah
44 18 41 147 791 79.1% 62 24.8% 188 75.2%
100




0
80.5%
81%
78.5%
78%
77.5%
79.1%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 10 5 9 26 151 75.5% 15 30% 35 70%
2 Layanan makanan 9 1 10 30 161 80.5% 10 20% 40 80%
3 Layanan panitia kegiatan 8 3 9 30 161 80.5% 11 22% 39 78%
4 Layanan administrasi kegiatan 9 0 11 30 162 81% 9 18% 41 82%
5 Keramahan 10 0 9 31 161 80.5% 10 20% 40 80%
Jumlah
46 9 48 147 796 79.6% 55 22% 195 78%
100




0
75.5%
80.5%
80.5%
81%
80.5%
79.6%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 1 9 35 174 87% 6 12% 44 88%
2 Transparansi keuangan 6 1 12 31 168 84% 7 14% 43 86%
3 Bebas Pungli 6 0 10 34 172 86% 6 12% 44 88%
4 Bebas gratifikasi 5 1 11 33 172 86% 6 12% 44 88%
Jumlah
22 3 42 133 686 85.75% 25 12.5% 175 87.5%
100




0
87%
84%
86%
86%
85.75%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
85.6%
79.6%
77.14%
75.2%
78%
87.5%
80.50%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 80.50%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005