DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 6 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 6 18 90 93.75% 0 0% 24 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 9 14 85 88.54% 1 4.166% 24 95.83%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 2 8 14 84 87.5% 2 8.333% 22 91.66%
Jumlah
0 3 71 46 403 83.95% 3 2.5% 117 97.5%
100




0
75%
75%
93.75%
88.54%
87.5%
83.95%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 6 18 90 93.75% 0 0% 24 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 6 18 90 93.75% 0 0% 24 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 5 19 91 94.79% 0 0% 24 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 8 16 88 91.66% 0 0% 24 100%
5 Penguasaan materi 0 2 6 16 86 89.58% 2 8.333% 22 91.66%
Jumlah
0 2 31 87 445 92.70% 2 1.666% 118 98.33%
100




0
93.75%
93.75%
94.79%
91.66%
89.58%
92.70%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 3 14 7 76 79.16% 3 12.5% 21 87.5%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 11 10 2 61 63.54% 12 50% 12 50%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 11 13 85 88.54% 0 0% 24 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 7 11 6 71 73.95% 7 29.16% 17 70.83%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 24 0 0 48 50% 24 100% 0 0%
Jumlah
1 45 94 28 485 72.17% 46 27.38% 122 72.61%
100




0
79.16%
63.54%
75%
75%
88.54%
73.95%
50%
72.17%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 5 19 91 94.79% 0 0% 24 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 9 15 87 90.62% 0 0% 24 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 8 15 86 89.58% 1 4.166% 23 95.83%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 8 16 88 91.66% 0 0% 24 100%
5 Kedisiplinan 0 1 8 15 86 89.58% 1 4.166% 23 95.83%
Jumlah
0 2 38 80 438 91.25% 2 1.666% 118 98.33%
100




0
94.79%
90.62%
89.58%
91.66%
89.58%
91.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
2 Layanan makanan 0 1 6 17 88 91.66% 1 4.166% 23 95.83%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 8 16 88 91.66% 0 0% 24 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 7 17 89 92.70% 0 0% 24 100%
5 Keramahan 0 0 7 17 89 92.70% 0 0% 24 100%
Jumlah
0 1 52 67 426 88.75% 1 0.833% 119 99.16%
100




0
75%
91.66%
91.66%
92.70%
92.70%
88.75%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 5 19 91 94.79% 0 0% 24 100%
2 Transparansi keuangan 0 2 5 17 87 90.62% 2 8.333% 22 91.66%
3 Bebas Pungli 0 0 4 20 92 95.83% 0 0% 24 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 5 19 91 94.79% 0 0% 24 100%
Jumlah
0 2 19 75 361 94.01% 2 2.083% 94 97.91%
100




0
94.79%
90.62%
95.83%
94.79%
94.01%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.5%
98.33%
72.61%
98.33%
99.16%
97.91%
93.97%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.97%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005