DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 7 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 5 4 11 73 338 90.86% 9 9.677% 84 90.32%
2 Perlengkapan kamar tidur 7 10 19 57 312 83.87% 17 18.27% 76 81.72%
3 Kecukupan makanan 6 3 3 81 345 92.74% 9 9.677% 84 90.32%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 6 3 1 83 347 93.27% 9 9.677% 84 90.32%
5 Kelancaran penerangan Listrik 6 3 5 79 343 92.20% 9 9.677% 84 90.32%
Jumlah
30 23 39 373 1685 90.59% 53 11.39% 412 88.60%
100




0
90.86%
83.87%
92.74%
93.27%
92.20%
90.59%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 6 6 9 72 333 89.51% 12 12.90% 81 87.09%
2 Penggunaan metode mengajar 6 3 9 75 339 91.12% 9 9.677% 84 90.32%
3 Keterampilan & berkomunikasi 6 3 11 73 337 90.59% 9 9.677% 84 90.32%
4 Penggunaan media pembelajaran 6 3 14 70 334 89.78% 9 9.677% 84 90.32%
5 Penguasaan materi 6 3 12 72 336 90.32% 9 9.677% 84 90.32%
Jumlah
30 18 55 362 1679 90.26% 48 10.32% 417 89.67%
100




0
89.51%
91.12%
90.59%
89.78%
90.32%
90.26%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 6 6 6 75 336 90.32% 12 12.90% 81 87.09%
2 Kebersihan Toilet (WC) 13 9 21 50 294 79.03% 22 23.65% 71 76.34%
3 Kebersihan lingkungan kantor 6 3 20 64 328 88.17% 9 9.677% 84 90.32%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 10 13 25 45 291 78.22% 23 24.73% 70 75.26%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 6 4 17 66 329 88.44% 10 10.75% 83 89.24%
6 Kenyamanan ruang praktek 6 9 8 70 328 88.17% 15 16.12% 78 83.87%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 5 4 16 68 333 89.51% 9 9.677% 84 90.32%
Jumlah
52 48 113 438 2239 85.98% 100 15.36% 551 84.63%
100




0
90.32%
79.03%
88.17%
78.22%
88.44%
88.17%
89.51%
85.98%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 5 9 75 341 91.66% 9 9.677% 84 90.32%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 7 16 68 336 90.32% 9 9.677% 84 90.32%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 6 9 17 61 319 85.75% 15 16.12% 78 83.87%
4 Kelancaran proses asessment 5 4 17 67 332 89.24% 9 9.677% 84 90.32%
5 Kedisiplinan 5 8 10 70 331 88.97% 13 13.97% 80 86.02%
Jumlah
22 33 69 341 1659 89.19% 55 11.82% 410 88.17%
100




0
91.66%
90.32%
85.75%
89.24%
88.97%
89.19%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 5 6 12 70 333 89.51% 11 11.82% 82 88.17%
2 Layanan makanan 5 4 11 73 338 90.86% 9 9.677% 84 90.32%
3 Layanan panitia kegiatan 1 7 12 73 343 92.20% 8 8.602% 85 91.39%
4 Layanan administrasi kegiatan 5 4 16 68 333 89.51% 9 9.677% 84 90.32%
5 Keramahan 2 3 19 69 341 91.66% 5 5.376% 88 94.62%
Jumlah
18 24 70 353 1688 90.75% 42 9.032% 423 90.96%
100




0
89.51%
90.86%
92.20%
89.51%
91.66%
90.75%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 3 12 73 339 91.12% 8 8.602% 85 91.39%
2 Transparansi keuangan 5 10 9 69 328 88.17% 15 16.12% 78 83.87%
3 Bebas Pungli 6 3 16 68 332 89.24% 9 9.677% 84 90.32%
4 Bebas gratifikasi 5 7 13 68 330 88.70% 12 12.90% 81 87.09%
Jumlah
21 23 50 278 1329 89.31% 44 11.82% 328 88.17%
100




0
91.12%
88.17%
89.24%
88.70%
89.31%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
88.60%
89.67%
84.63%
88.17%
90.96%
88.17%
88.37%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 88.37%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005