DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 7 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 4 6 38 86.36% 1 9.090% 11 90.90%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 5 6 39 88.63% 0 0% 11 100%
Jumlah
0 1 31 23 187 85% 1 1.818% 54 98.18%
100




0
75%
75%
100%
86.36%
88.63%
85%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 2 9 42 95.45% 0 0% 11 100%
5 Penguasaan materi 0 0 3 8 41 93.18% 0 0% 11 100%
Jumlah
0 0 8 47 212 96.36% 0 0% 55 100%
100




0
97.72%
97.72%
97.72%
95.45%
93.18%
96.36%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 4 7 40 90.90% 0 0% 11 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 4 7 40 90.90% 0 0% 11 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 11 0 0 22 50% 11 100% 0 0%
Jumlah
0 11 30 36 256 83.11% 11 14.28% 66 85.71%
100




0
100%
90.90%
75%
75%
90.90%
100%
50%
83.11%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 2 9 42 95.45% 0 0% 11 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 3 8 41 93.18% 0 0% 11 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
5 Kedisiplinan 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
Jumlah
0 0 6 49 214 97.27% 0 0% 55 100%
100




0
95.45%
93.18%
100%
100%
97.72%
97.27%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
2 Layanan makanan 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 1 9 41 93.18% 1 9.090% 10 90.90%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 0 10 42 95.45% 1 9.090% 10 90.90%
5 Keramahan 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
Jumlah
0 2 14 39 202 91.81% 2 3.636% 53 96.36%
100




0
75%
97.72%
93.18%
95.45%
97.72%
91.81%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 1 2 6 34 77.27% 3 27.27% 8 72.72%
2 Transparansi keuangan 1 1 3 6 36 81.81% 2 18.18% 9 81.81%
3 Bebas Pungli 1 2 1 7 36 81.81% 3 27.27% 8 72.72%
4 Bebas gratifikasi 1 1 1 8 38 86.36% 2 18.18% 9 81.81%
Jumlah
5 5 7 27 144 81.81% 10 22.72% 34 77.27%
100




0
77.27%
81.81%
81.81%
86.36%
81.81%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.18%
100%
85.71%
100%
96.36%
77.27%
92.92%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.92%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005