DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 7 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
3 Kecukupan makanan 1 1 6 37 169 93.88% 2 4.444% 43 95.55%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 1 14 26 152 84.44% 5 11.11% 43 88.88%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 1 6 37 169 93.88% 2 4.444% 43 95.55%
Jumlah
6 3 116 100 760 84.44% 9 4% 216 96%
100




0
75%
75%
93.88%
84.44%
93.88%
84.44%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 1 0 4 40 173 96.11% 1 2.222% 44 97.77%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 5 39 172 95.55% 1 2.222% 44 97.77%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 5 39 172 95.55% 1 2.222% 44 97.77%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 6 38 171 95% 1 2.222% 44 97.77%
5 Penguasaan materi 1 0 4 40 173 96.11% 1 2.222% 44 97.77%
Jumlah
5 0 24 196 861 95.66% 5 2.222% 220 97.77%
100




0
96.11%
95.55%
95.55%
95%
96.11%
95.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 1 12 30 160 88.88% 3 6.666% 42 93.33%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 2 12 29 158 87.77% 4 8.888% 41 91.11%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 0 7 36 167 92.77% 2 4.444% 43 95.55%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 2 11 29 156 86.66% 5 11.11% 40 88.88%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 45 0 0 90 50% 45 100% 0 0%
Jumlah
9 50 132 124 1001 79.44% 59 18.73% 256 81.26%
100




0
88.88%
87.77%
75%
75%
92.77%
86.66%
50%
79.44%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 8 36 169 93.88% 1 2.222% 44 97.77%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 0 6 38 171 95% 1 2.222% 44 97.77%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 0 12 32 165 91.66% 1 2.222% 44 97.77%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 6 37 169 93.88% 2 4.444% 43 95.55%
5 Kedisiplinan 1 2 10 32 163 90.55% 3 6.666% 42 93.33%
Jumlah
5 3 42 175 837 93% 8 3.555% 217 96.44%
100




0
93.88%
95%
91.66%
93.88%
90.55%
93%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Layanan makanan 1 2 9 33 164 91.11% 3 6.666% 42 93.33%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 10 34 167 92.77% 1 2.222% 44 97.77%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 7 37 170 94.44% 1 2.222% 44 97.77%
5 Keramahan 1 1 9 34 166 92.22% 2 4.444% 43 95.55%
Jumlah
4 3 80 138 802 89.11% 7 3.111% 218 96.88%
100




0
75%
91.11%
92.77%
94.44%
92.22%
89.11%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 8 36 169 93.88% 1 2.222% 44 97.77%
2 Transparansi keuangan 1 1 8 35 167 92.77% 2 4.444% 43 95.55%
3 Bebas Pungli 1 2 5 37 168 93.33% 3 6.666% 42 93.33%
4 Bebas gratifikasi 1 2 7 35 166 92.22% 3 6.666% 42 93.33%
Jumlah
4 5 28 143 670 93.05% 9 5% 171 95%
100




0
93.88%
92.77%
93.33%
92.22%
93.05%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96%
97.77%
81.26%
96.44%
96.88%
95%
93.89%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.89%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005