DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 8 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 3 10 39 193 91.03% 4 7.547% 49 92.45%
2 Perlengkapan kamar tidur 1 3 11 38 192 90.56% 4 7.547% 49 92.45%
3 Kecukupan makanan 2 0 10 41 196 92.45% 2 3.773% 51 96.22%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 1 4 46 200 94.33% 3 5.660% 51 94.33%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 6 44 197 92.92% 3 5.660% 50 94.33%
Jumlah
9 7 41 208 978 92.26% 16 6.037% 249 93.96%
100




0
91.03%
90.56%
92.45%
94.33%
92.92%
92.26%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 1 1 5 46 202 95.28% 2 3.773% 51 96.22%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 5 46 201 94.81% 2 3.773% 51 96.22%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 0 3 48 203 95.75% 2 3.773% 51 96.22%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 5 46 201 94.81% 2 3.773% 51 96.22%
5 Penguasaan materi 2 1 3 47 201 94.81% 3 5.660% 50 94.33%
Jumlah
9 2 21 233 1008 95.09% 11 4.150% 254 95.84%
100




0
95.28%
94.81%
95.75%
94.81%
94.81%
95.09%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 1 5 46 202 95.28% 2 3.773% 51 96.22%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 2 2 47 200 94.33% 4 7.547% 49 92.45%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 1 4 46 200 94.33% 3 5.660% 50 94.33%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 3 4 6 40 189 89.15% 7 13.20% 46 86.79%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 0 3 47 200 94.33% 3 5.660% 50 94.33%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 0 5 46 201 94.81% 2 3.773% 51 96.22%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 1 6 44 198 93.39% 3 5.660% 50 94.33%
Jumlah
15 9 31 316 1390 93.66% 24 6.469% 347 93.53%
100




0
95.28%
94.33%
94.33%
89.15%
94.33%
94.81%
93.39%
93.66%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 0 5 46 201 94.81% 2 3.773% 51 96.22%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 0 3 47 200 94.33% 3 5.660% 50 94.33%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 1 6 44 198 93.39% 3 5.660% 50 94.33%
4 Kelancaran proses asessment 2 1 4 46 200 94.33% 3 5.660% 50 94.33%
5 Kedisiplinan 3 1 5 44 196 92.45% 4 7.547% 49 92.45%
Jumlah
12 3 23 227 995 93.86% 15 5.660% 250 94.33%
100




0
94.81%
94.33%
93.39%
94.33%
92.45%
93.86%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 1 3 8 41 195 91.98% 4 7.547% 49 92.45%
2 Layanan makanan 3 0 5 45 198 93.39% 3 5.660% 50 94.33%
3 Layanan panitia kegiatan 3 0 4 46 199 93.86% 3 5.660% 50 94.33%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 0 2 48 201 94.81% 3 5.660% 50 94.33%
5 Keramahan 3 0 1 49 202 95.28% 3 5.660% 50 94.33%
Jumlah
13 3 20 229 995 93.86% 16 6.037% 249 93.96%
100




0
91.98%
93.39%
93.86%
94.81%
95.28%
93.86%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 2 49 204 96.22% 2 3.773% 51 96.22%
2 Transparansi keuangan 2 0 4 47 202 95.28% 2 3.773% 51 96.22%
3 Bebas Pungli 2 0 3 48 203 95.75% 2 3.773% 51 96.22%
4 Bebas gratifikasi 2 0 3 48 203 95.75% 2 3.773% 51 96.22%
Jumlah
8 0 12 192 812 95.75% 8 3.773% 204 96.22%
100




0
96.22%
95.28%
95.75%
95.75%
95.75%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
93.96%
95.84%
93.53%
94.33%
93.96%
96.22%
94.64%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.64%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005