DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 8 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 1 15 63 98.43% 0 0% 16 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 1 15 63 98.43% 0 0% 16 100%
Jumlah
0 0 36 44 284 88.75% 0 0% 80 100%
100




0
75%
75%
96.87%
98.43%
98.43%
88.75%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 2 13 60 93.75% 1 6.25% 15 93.75%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
5 Penguasaan materi 0 0 3 13 61 95.31% 0 0% 16 100%
Jumlah
0 1 11 68 307 95.93% 1 1.25% 79 98.75%
100




0
96.87%
96.87%
93.75%
96.87%
95.31%
95.93%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 1 14 61 95.31% 1 6.25% 15 93.75%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 3 13 61 95.31% 0 0% 16 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 16 0 0 32 50% 16 100% 0 0%
Jumlah
0 17 40 55 374 83.48% 17 15.17% 95 84.82%
100




0
95.31%
96.87%
75%
75%
95.31%
96.87%
50%
83.48%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 0 15 62 96.87% 1 6.25% 15 93.75%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
5 Kedisiplinan 0 0 2 14 62 96.87% 0 0% 16 100%
Jumlah
0 1 8 71 310 96.87% 1 1.25% 79 98.75%
100




0
96.87%
96.87%
96.87%
96.87%
96.87%
96.87%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
2 Layanan makanan 0 0 1 15 63 98.43% 0 0% 16 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 0 16 64 100% 0 0% 16 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 0 16 64 100% 0 0% 16 100%
5 Keramahan 0 0 0 16 64 100% 0 0% 16 100%
Jumlah
0 0 17 63 303 94.68% 0 0% 80 100%
100




0
75%
98.43%
100%
100%
100%
94.68%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 0 14 58 90.62% 2 12.5% 14 87.5%
2 Transparansi keuangan 1 1 1 13 58 90.62% 2 12.5% 14 87.5%
3 Bebas Pungli 1 1 0 14 59 92.18% 2 12.5% 14 87.5%
4 Bebas gratifikasi 1 1 0 14 59 92.18% 2 12.5% 14 87.5%
Jumlah
5 3 1 55 234 91.40% 8 12.5% 56 87.5%
100




0
90.62%
90.62%
92.18%
92.18%
91.40%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
98.75%
84.82%
98.75%
100%
87.5%
94.97%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.97%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005