DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 8 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 29 0 87 75% 0 0% 29 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 29 0 87 75% 0 0% 29 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 14 14 100 86.20% 1 3.448% 28 96.55%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 7 14 8 88 75.86% 7 24.13% 28 75.86%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 15 11 95 81.89% 3 10.34% 26 89.65%
Jumlah
0 11 101 33 457 78.79% 11 7.586% 134 92.41%
100




0
75%
75%
86.20%
75.86%
81.89%
78.79%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 1 12 16 102 87.93% 1 3.448% 28 96.55%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 9 20 107 92.24% 0 0% 29 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 4 25 112 96.55% 0 0% 29 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 11 18 105 90.51% 0 0% 29 100%
5 Penguasaan materi 0 0 7 22 109 93.96% 0 0% 29 100%
Jumlah
0 1 43 101 535 92.24% 1 0.689% 144 99.31%
100




0
87.93%
92.24%
96.55%
90.51%
93.96%
92.24%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 1 13 14 98 84.48% 2 6.896% 27 93.10%
2 Kebersihan Toilet (WC) 11 9 8 1 57 49.13% 20 68.96% 9 31.03%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 29 0 87 75% 0 0% 29 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 29 0 87 75% 0 0% 29 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 2 10 16 99 85.34% 3 10.34% 26 89.65%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 2 15 11 94 81.03% 3 10.34% 26 89.65%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 29 0 0 58 50% 29 100% 0 0%
Jumlah
14 43 104 42 580 71.42% 57 28.07% 146 71.92%
100




0
84.48%
49.13%
75%
75%
85.34%
81.03%
50%
71.42%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 10 19 106 91.37% 0 0% 29 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 10 19 106 91.37% 0 0% 29 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 10 19 106 91.37% 0 0% 29 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 11 17 103 88.79% 1 3.448% 28 96.55%
5 Kedisiplinan 0 0 12 17 104 89.65% 0 0% 29 100%
Jumlah
0 1 53 91 525 90.51% 1 0.689% 144 99.31%
100




0
91.37%
91.37%
91.37%
88.79%
89.65%
90.51%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 29 0 87 75% 0 0% 29 100%
2 Layanan makanan 0 0 13 16 103 88.79% 0 0% 29 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 12 17 104 89.65% 0 0% 29 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 11 18 105 90.51% 0 0% 29 100%
5 Keramahan 0 0 8 21 108 93.10% 0 0% 29 100%
Jumlah
0 0 73 72 507 87.41% 0 0% 145 100%
100




0
75%
88.79%
89.65%
90.51%
93.10%
87.41%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 11 17 102 87.93% 1 3.448% 28 96.55%
2 Transparansi keuangan 1 0 11 17 102 87.93% 1 3.448% 28 96.55%
3 Bebas Pungli 1 0 10 18 103 88.79% 1 3.448% 28 96.55%
4 Bebas gratifikasi 1 0 10 18 103 88.79% 1 3.448% 28 96.55%
Jumlah
4 0 42 70 410 88.36% 4 3.448% 112 96.55%
100




0
87.93%
87.93%
88.79%
88.79%
88.36%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92.41%
99.31%
71.92%
99.31%
100%
96.55%
93.25%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.25%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005