DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 9 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 6 2 12 36 190 84.82% 8 14.28% 48 85.71%
2 Perlengkapan kamar tidur 6 9 13 28 175 78.12% 15 26.78% 41 73.21%
3 Kecukupan makanan 7 3 9 37 188 83.92% 10 17.85% 46 82.14%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 5 2 11 38 194 86.60% 7 12.5% 46 87.5%
5 Kelancaran penerangan Listrik 7 1 5 43 196 87.5% 8 14.28% 48 85.71%
Jumlah
31 17 50 182 943 84.19% 48 17.14% 232 82.85%
100




0
84.82%
78.12%
83.92%
86.60%
87.5%
84.19%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 6 2 13 35 189 84.37% 8 14.28% 48 85.71%
2 Penggunaan metode mengajar 6 2 9 39 193 86.16% 8 14.28% 48 85.71%
3 Keterampilan & berkomunikasi 5 3 7 41 196 87.5% 8 14.28% 48 85.71%
4 Penggunaan media pembelajaran 4 4 10 38 194 86.60% 8 14.28% 48 85.71%
5 Penguasaan materi 5 3 8 40 195 87.05% 8 14.28% 48 85.71%
Jumlah
26 14 47 193 967 86.33% 40 14.28% 240 85.71%
100




0
84.37%
86.16%
87.5%
86.60%
87.05%
86.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 5 2 17 32 188 83.92% 7 12.5% 49 87.5%
2 Kebersihan Toilet (WC) 4 3 16 33 190 84.82% 7 12.5% 49 87.5%
3 Kebersihan lingkungan kantor 5 2 16 33 189 84.37% 7 12.5% 49 87.5%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 6 20 24 174 77.67% 12 21.42% 44 78.57%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 5 2 10 39 195 87.05% 7 12.5% 49 87.5%
6 Kenyamanan ruang praktek 5 2 16 33 189 84.37% 7 12.5% 49 87.5%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 5 4 16 31 185 82.58% 9 16.07% 47 83.92%
Jumlah
35 21 111 225 1310 83.54% 56 14.28% 336 85.71%
100




0
83.92%
84.82%
84.37%
77.67%
87.05%
84.37%
82.58%
83.54%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 6 2 10 38 192 85.71% 8 14.28% 48 85.71%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 6 3 7 40 193 86.16% 9 16.07% 47 83.92%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 6 2 12 36 190 84.82% 8 14.28% 48 85.71%
4 Kelancaran proses asessment 5 3 10 38 193 86.16% 8 14.28% 48 85.71%
5 Kedisiplinan 5 2 10 39 195 87.05% 7 12.5% 49 87.5%
Jumlah
28 12 49 191 963 85.98% 40 14.28% 240 85.71%
100




0
85.71%
86.16%
84.82%
86.16%
87.05%
85.98%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 6 2 11 37 191 85.26% 8 14.28% 48 85.71%
2 Layanan makanan 8 0 12 36 188 83.92% 8 14.28% 48 85.71%
3 Layanan panitia kegiatan 5 4 9 38 192 85.71% 9 16.07% 47 83.92%
4 Layanan administrasi kegiatan 5 3 10 38 193 86.16% 8 14.28% 48 85.71%
5 Keramahan 4 4 10 38 194 86.60% 8 14.28% 48 85.71%
Jumlah
28 13 52 187 958 85.53% 41 14.64% 239 85.35%
100




0
85.26%
83.92%
85.71%
86.16%
86.60%
85.53%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 6 1 11 38 193 86.16% 7 12.5% 49 87.5%
2 Transparansi keuangan 5 3 13 35 190 84.82% 8 14.28% 48 85.71%
3 Bebas Pungli 5 2 13 36 192 85.71% 7 12.5% 49 87.5%
4 Bebas gratifikasi 5 2 13 36 192 85.71% 7 12.5% 49 87.5%
Jumlah
21 8 50 145 767 85.60% 29 12.94% 195 87.05%
100




0
86.16%
84.82%
85.71%
85.71%
85.60%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
82.85%
85.71%
85.71%
85.71%
85.35%
87.05%
85.40%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 85.40%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005