DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 9 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
3 Kecukupan makanan 1 2 9 21 116 87.87% 3 9.090% 30 90.90%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 2 8 23 120 90.90% 2 6.060% 30 93.93%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 7 26 125 94.69% 0 0% 33 100%
Jumlah
1 4 90 70 559 84.69% 5 3.030% 160 96.96%
100




0
75%
75%
87.87%
90.90%
94.69%
84.69%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 4 29 128 96.96% 0 0% 33 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 4 28 126 95.45% 1 3.030% 32 96.96%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 5 28 127 96.21% 0 0% 33 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 7 25 123 93.18% 1 3.030% 32 96.96%
5 Penguasaan materi 0 0 7 26 125 94.69% 0 0% 33 100%
Jumlah
0 2 27 136 629 95.30% 2 1.212% 163 98.78%
100




0
96.96%
95.45%
96.21%
93.18%
94.69%
95.30%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 5 28 127 96.21% 0 0% 33 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 4 5 22 113 85.60% 6 18.18% 27 81.81%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 1 8 22 116 87.87% 3 9.090% 30 90.90%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 7 25 123 93.18% 1 3.030% 32 96.96%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 33 0 0 66 50% 33 100% 0 0%
Jumlah
4 39 91 97 743 80.41% 43 18.61% 188 81.38%
100




0
96.21%
85.60%
75%
75%
87.87%
93.18%
50%
80.41%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 7 25 123 93.18% 1 3.030% 32 96.96%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 1 5 26 122 92.42% 2 6.060% 31 93.93%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 9 23 121 91.66% 1 3.030% 32 96.96%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 9 24 123 93.18% 0 0% 33 100%
5 Kedisiplinan 0 2 10 21 118 89.39% 2 6.060% 31 93.93%
Jumlah
1 5 40 119 607 91.96% 6 3.636% 159 96.36%
100




0
93.18%
92.42%
91.66%
93.18%
89.39%
91.96%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Layanan makanan 2 1 7 23 117 88.63% 3 9.090% 30 90.90%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 6 27 126 95.45% 0 0% 33 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 6 27 126 95.45% 0 0% 33 100%
5 Keramahan 0 0 5 28 127 96.21% 0 0% 33 100%
Jumlah
2 1 57 105 595 90.15% 3 1.818% 162 98.18%
100




0
75%
88.63%
95.45%
95.45%
96.21%
90.15%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 9 24 123 93.18% 0 0% 33 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 8 25 124 93.93% 0 0% 33 100%
3 Bebas Pungli 0 1 6 26 124 93.93% 1 3.030% 32 96.96%
4 Bebas gratifikasi 0 1 7 25 123 93.18% 1 3.030% 32 96.96%
Jumlah
0 2 30 100 494 93.56% 2 1.515% 130 98.48%
100




0
93.18%
93.93%
93.93%
93.18%
93.56%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96.96%
98.78%
81.38%
96.36%
98.18%
98.48%
95.02%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.02%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005