DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN KOPI (BARISTA) ANGKATAN 9 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 3 38 161 98.17% 0 0% 41 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 4 37 160 97.56% 0 0% 41 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 4 36 158 96.34% 1 2.439% 40 97.56%
Jumlah
0 1 93 111 725 88.41% 1 0.487% 204 99.51%
100




0
75%
75%
98.17%
97.56%
96.34%
88.41%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720009 0 0 6 35 158 96.34% 0 0% 41 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 3 37 159 96.95% 1 2.439% 40 97.56%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 2 38 160 97.56% 1 2.439% 40 97.56%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 4 37 160 97.56% 0 0% 41 100%
5 Penguasaan materi 0 0 3 38 161 98.17% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 2 18 185 798 97.31% 2 0.975% 203 99.02%
100




0
96.34%
96.95%
97.56%
97.56%
98.17%
97.31%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 4 37 160 97.56% 0 0% 41 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 6 35 158 96.34% 0 0% 41 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 4 37 160 97.56% 0 0% 41 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 2 37 158 96.34% 2 4.878% 39 95.12%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 41 0 0 82 50% 41 100% 0 0%
Jumlah
0 43 98 146 964 83.97% 43 14.98% 244 85.01%
100




0
97.56%
96.34%
75%
75%
97.56%
96.34%
50%
83.97%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 6 35 158 96.34% 0 0% 41 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 3 38 161 98.17% 0 0% 41 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 10 31 154 93.90% 0 0% 41 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 7 33 155 94.51% 1 2.439% 40 97.56%
5 Kedisiplinan 0 2 10 29 150 91.46% 2 4.878% 39 95.12%
Jumlah
0 3 36 166 778 94.87% 3 1.463% 202 98.53%
100




0
96.34%
98.17%
93.90%
94.51%
91.46%
94.87%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Layanan makanan 0 0 2 39 162 98.78% 0 0% 41 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 4 37 160 97.56% 0 0% 41 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 5 36 159 96.95% 0 0% 41 100%
5 Keramahan 0 1 0 40 162 98.78% 1 2.439% 40 97.56%
Jumlah
0 1 52 152 766 93.41% 1 0.487% 204 99.51%
100




0
75%
98.78%
97.56%
96.95%
98.78%
93.41%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 0 39 159 96.95% 2 4.878% 39 95.12%
2 Transparansi keuangan 1 0 2 38 159 96.95% 1 2.439% 40 97.56%
3 Bebas Pungli 1 0 2 38 159 96.95% 1 2.439% 40 97.56%
4 Bebas gratifikasi 1 1 1 38 158 96.34% 2 4.878% 39 95.12%
Jumlah
4 2 5 153 635 96.79% 6 3.658% 158 96.34%
100




0
96.95%
96.95%
96.95%
96.34%
96.79%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
99.51%
99.02%
85.01%
98.53%
99.51%
96.34%
96.32%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.32%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005