DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENYELIA HALAL ANGKATAN 1 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 3 13 61 95.31% 0 0% 16 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 5 11 59 92.18% 0 0% 16 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 2 6 8 54 84.37% 2 12.5% 14 87.5%
Jumlah
0 2 46 32 270 84.37% 2 2.5% 78 97.5%
100




0
75%
75%
95.31%
92.18%
84.37%
84.37%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720010 0 0 6 10 58 90.62% 0 0% 16 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 5 11 59 92.18% 0 0% 16 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 5 11 59 92.18% 0 0% 16 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 5 11 59 92.18% 0 0% 16 100%
5 Penguasaan materi 0 0 4 12 60 93.75% 0 0% 16 100%
Jumlah
0 0 25 55 295 92.18% 0 0% 80 100%
100




0
90.62%
92.18%
92.18%
92.18%
93.75%
92.18%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 4 12 60 93.75% 0 0% 16 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 7 8 55 85.93% 1 6.25% 15 93.75%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 7 9 57 89.06% 0 0% 16 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 6 10 58 90.62% 0 0% 16 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 16 0 0 32 50% 16 100% 0 0%
Jumlah
0 17 56 39 358 79.91% 17 15.17% 95 84.82%
100




0
93.75%
85.93%
75%
75%
89.06%
90.62%
50%
79.91%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 4 12 60 93.75% 0 0% 16 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 6 10 58 90.62% 0 0% 16 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 6 10 58 90.62% 0 0% 16 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 6 10 58 90.62% 0 0% 16 100%
5 Kedisiplinan 0 0 6 10 58 90.62% 0 0% 16 100%
Jumlah
0 0 28 52 292 91.25% 0 0% 80 100%
100




0
93.75%
90.62%
90.62%
90.62%
90.62%
91.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 16 0 48 75% 0 0% 16 100%
2 Layanan makanan 0 0 3 13 61 95.31% 0 0% 16 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 5 11 59 92.18% 0 0% 16 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 5 11 59 92.18% 0 0% 16 100%
5 Keramahan 0 1 3 12 59 92.18% 1 6.25% 15 93.75%
Jumlah
0 1 32 47 286 89.37% 1 1.25% 79 98.75%
100




0
75%
95.31%
92.18%
92.18%
92.18%
89.37%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 3 13 61 95.31% 0 0% 16 100%
2 Transparansi keuangan 0 1 5 10 57 89.06% 1 6.25% 15 93.75%
3 Bebas Pungli 0 0 3 13 61 95.31% 0 0% 16 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 3 13 61 95.31% 0 0% 16 100%
Jumlah
0 1 14 49 240 93.75% 1 1.562% 63 98.43%
100




0
95.31%
89.06%
95.31%
95.31%
93.75%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.5%
100%
84.82%
100%
98.75%
98.43%
96.58%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.58%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005