DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT PENYANGRAIAN KOPI BIJI ANGKATAN 1 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 1 33 135 99.26% 0 0% 34 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 6 28 130 95.58% 0 0% 34 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 5 10 18 113 83.08% 6 17.64% 28 82.35%
Jumlah
1 5 85 79 582 85.58% 6 3.529% 164 96.47%
100




0
75%
75%
99.26%
95.58%
83.08%
85.58%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720011 1 0 3 30 130 95.58% 1 2.941% 33 97.05%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 6 28 130 95.58% 0 0% 34 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 5 29 131 96.32% 0 0% 34 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 5 28 129 94.85% 1 2.941% 33 97.05%
5 Penguasaan materi 0 0 5 29 131 96.32% 0 0% 34 100%
Jumlah
1 1 24 144 651 95.73% 2 1.176% 168 98.82%
100




0
95.58%
95.58%
96.32%
94.85%
96.32%
95.73%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 7 27 129 94.85% 0 0% 34 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 1 10 22 121 88.97% 2 5.882% 32 94.11%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 5 28 129 94.85% 1 2.941% 33 97.05%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 0 6 27 127 93.38% 1 2.941% 33 97.05%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 34 0 0 68 50% 34 100% 0 0%
Jumlah
2 36 96 104 778 81.72% 38 15.96% 200 84.03%
100




0
94.85%
88.97%
75%
75%
94.85%
93.38%
50%
81.72%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 4 30 132 97.05% 0 0% 34 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 3 31 133 97.79% 0 0% 34 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 9 23 122 89.70% 2 5.882% 32 94.11%
4 Kelancaran proses asessment 0 3 4 27 126 92.64% 3 8.823% 31 91.17%
5 Kedisiplinan 1 1 7 25 124 91.17% 2 5.882% 32 94.11%
Jumlah
2 5 27 136 637 93.67% 7 4.117% 163 95.88%
100




0
97.05%
97.79%
89.70%
92.64%
91.17%
93.67%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
2 Layanan makanan 0 0 7 27 129 94.85% 0 0% 34 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 7 27 129 94.85% 0 0% 34 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 7 27 129 94.85% 0 0% 34 100%
5 Keramahan 0 0 3 31 133 97.79% 0 0% 34 100%
Jumlah
0 0 58 112 622 91.47% 0 0% 170 100%
100




0
75%
94.85%
94.85%
94.85%
97.79%
91.47%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 2 32 134 98.52% 0 0% 34 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 2 32 134 98.52% 0 0% 34 100%
3 Bebas Pungli 0 0 2 32 134 98.52% 0 0% 34 100%
4 Bebas gratifikasi 0 1 1 32 133 97.79% 1 2.941% 33 97.05%
Jumlah
0 1 7 128 535 98.34% 1 0.735% 135 99.26%
100




0
98.52%
98.52%
98.52%
97.79%
98.34%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96.47%
98.82%
84.03%
95.88%
100%
99.26%
95.74%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.74%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005