DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT BARISTA ANGKATAN 8 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 2 4 24 85.71% 1 14.28% 6 85.71%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 2 1 4 23 82.14% 2 28.57% 6 71.42%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 2 5 26 92.85% 0 0% 7 100%
Jumlah
0 3 19 13 115 82.14% 3 8.571% 32 91.42%
100




0
75%
75%
85.71%
82.14%
92.85%
82.14%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720012 0 0 0 7 28 100% 0 0% 7 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 0 7 28 100% 0 0% 7 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 0 7 28 100% 0 0% 7 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 1 6 27 96.42% 0 0% 7 100%
5 Penguasaan materi 0 0 1 6 27 96.42% 0 0% 7 100%
Jumlah
0 0 2 33 138 98.57% 0 0% 35 100%
100




0
100%
100%
100%
96.42%
96.42%
98.57%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 3 3 23 82.14% 1 14.28% 6 85.71%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 1 3 0 14 50% 4 57.14% 3 42.85%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 4 3 24 85.71% 0 0% 7 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 4 3 24 85.71% 0 0% 7 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 7 0 0 14 50% 7 100% 0 0%
Jumlah
3 9 28 9 141 71.93% 12 24.48% 37 75.51%
100




0
82.14%
50%
75%
75%
85.71%
85.71%
50%
71.93%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 1 6 27 96.42% 0 0% 7 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 3 4 25 89.28% 0 0% 7 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 1 6 27 96.42% 0 0% 7 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 2 5 26 92.85% 0 0% 7 100%
5 Kedisiplinan 0 1 1 5 25 89.28% 1 14.28% 6 85.71%
Jumlah
0 1 8 26 130 92.85% 1 2.857% 34 97.14%
100




0
96.42%
89.28%
96.42%
92.85%
89.28%
92.85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
2 Layanan makanan 0 0 4 3 24 85.71% 0 0% 7 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 3 4 25 89.28% 0 0% 7 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 2 5 26 92.85% 0 0% 7 100%
5 Keramahan 0 0 3 4 25 89.28% 0 0% 7 100%
Jumlah
0 0 19 16 121 86.42% 0 0% 35 100%
100




0
75%
85.71%
89.28%
92.85%
89.28%
86.42%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 1 5 25 89.28% 1 14.28% 6 85.71%
2 Transparansi keuangan 0 1 1 5 25 89.28% 1 14.28% 6 85.71%
3 Bebas Pungli 0 1 1 5 25 89.28% 1 14.28% 6 85.71%
4 Bebas gratifikasi 0 1 1 5 25 89.28% 1 14.28% 6 85.71%
Jumlah
0 4 4 20 100 89.28% 4 14.28% 24 85.71%
100




0
89.28%
89.28%
89.28%
89.28%
89.28%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
91.42%
100%
75.51%
97.14%
100%
85.71%
91.63%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.63%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005