Analisa pasar biasanya dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peluang pasar yang bisa dinikmati oleh pebisnis. Analisa tidak hanya dilakukan untuk mengetahui besarnya potensi keuntungan yang bisa diraih, analisa juga mencakup berbagai macam faktor pendukung yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen yang akan menjadi target produk atau jasa yang akan ditawarkan
.
Kamis, 16 Februari 2023, Inkubator Bisnis BDI Makassar, menyelenggarakan pelatihan analisis pasar bagi Industri Kecil Menengah (IKM) kepada para tenant IBT BDI Makassar dari tahun 2020 sampai dengan 2022. Kegiatan ini dibuka oleh kepala BDI Makassar, Bapak Bagus Herry, didampingi Bapak Bimo Aji Utomo selaku Ketua IBT BDI Makassar. Dihadiri sebanyak 30 orang peserta kegiatan ini menghadirkan Bapak Muhammad Nurfitrani, sebagai narasumber.
.
Pada kegitan ini, para tenant dibekali pengetahuan tentang bagaimana mendalami jenis pasar, persiapan menghadapi pesaing dan bagaimana membuat rencana pemasaran. Bapak Bagus Herry berharap, kegiatan ini semakin menambah wawasan, pengalaman dan menjadi jembatan seluruh tenant untuk naik kelas yang lebih tinggi bahkan mampu menembus pasar internasional.
.
Peserta pelatihan kali ini berasal dari IKM Roti Bakar Adakah, PT Alibe Herbal Mamuju, Sentra Food Pinrang, PT Kiva Han, Cupsbite Bone, Mariqi Cake and Snack Bone, Tellusilo Sinjai, wa'iya, Domami, Pisjobal, Alisha Cake, Goolla Maros, CV Mogu Indonesia Maros, PT Happynez Group, Mitra Deceng Bulukumba, Ar cruisine, Dapoer Amira Pangkep, CV Indra Jaya Food, CV Kasih dan Sayang, Dapur AisyahSuka, Ituber Bulukumba dan Macaroniqu